Rabu, 25 Februari 2015

PEACE ( Pakuan Education, Art, Culture and Environment ) FESTIVAL



Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Pakuan mengadakan acara PEACE ( Pakuan Education Art Culture & Environment ).

Nama Kegiatan
PEACE FESTIVAL (Pakuan Education, Art, Culture and Environment Festival)

Tema Kegiatan
“Harmoni Cinta dalam Indonesia yang Unggul, Mandiri, dan Berkarakter”

 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
27 April s/d 02 Mei 2015
Kampus Universitas Pakuan

Sasaran Peserta
Mahasiswa, civitas akademika Universitas Pakuan, masyarakat umum

Rangkaian Kegiatan
PEACE FESTIVAL merupakan maha karya BEM KBM UNPAK yang digagas atas ide-ide kreatif yang bersumber dari aspirasi civitas akademika Universitas Pakuan. Ini merupakan awal dari sebuah tekad untuk mengembalikan peran utama mahasiswa dengan senantiasa berkarya bagi kemajuan almamater dan berkontribusi untuk membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Kegiatan ini adalah yang pertama dan diharapkan akan melahirkan karya inspiratif sehingga dapat menjadi rekomendasi untuk generasi setelah kami dalam organisasi ini. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa rangkaian, diantaranya :

1.            Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional (LKTIM Nasional)
Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dilaksanakan tingkat nasional. Kegiatan ini menuangkan buah pikirnya dalam sebentuk karya tulis yang dikemudian hari diharapkan menjadi rekomendasi untuk membangun Indonesia pada bidang-bidang yang disasar didalamnya.
Karya ini merupakan cermin kepedulian seorang intelektual muda terhadap masa depan bangsanya, di tengah kondisi negeri yang sampai pada saat ini masih diliputi berbagai permasalahan multidimensi.Indonesia tengah menguntai mimpi untuk membangun Indonesia Emas 2045. Membangun Indonesia ke depan memerlukan suatu konsepsi yang jelas dengan merujuk pada pengalaman bangsa ini mengarungi medan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Peserta dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dari seluruh Indonesia dengan formasi beregu (2-3 orang) untuk tiap 1 karya tulis. Peserta LKTIM Nasional akan dikenaik biaya registrasi sebesar Rp. 75.000,-. Kegiatan ini memiliki sebuah tema dan 5 sub tema yang diadopsi dari berbagai bidang.

2.       Lomba Orasi Mahasiswa
Lomba orasi Mahasiswa adalah lantunan-lantunan suara Mahasiswa yang masih cinta dan peduli akan Bangsanya lewat kata-kata yang beretorika, membangun, kritis, indah dan membara sebagai wujud nyata Mahasiswa yang sesuai dengan fungsinya sebagai Agent of  Change, Moral Force dan Social of Control karena salah satu tokoh berkata “Peradaban Yang Sakit Adalah ketika Penguasanya itu Koruptif lalu Pengusa hanya itu Oportunis hingga Mahasiswanya dan kaum Intelektualnya itu Apathis dan Diam. Dan disini orasi ada agar peradaban ini tidak sakit agar berkumandang suara-suara kepedulian dan tidak takut untuk berbicara tentang kebenaran.
Suara lantang yang dilontarkan Mahasiswa diharapkan dapat menyadarkan “mereka-mereka” yang masih salah sebagai ungkapan kepedulian Mahasiswa terhadap bangsa dan penyadaran untuk “mereka” karena sebagai mahasiswa tentunya kita selalu memegang yakni tanah air satu tanah air tanpa penindasan, Bangsa yang satu Bangsa yang gandrung akan keadilan dan Bahasa satu bahasa tanpa kebohongan itulah dasar acuan, dasar landasan dan dasar pergerakan mahasiswa sebagai kaum intelektual.
Lomba orasi ini dilaksankan tingkat regional, Bogor Raya. Peserta kegiatan ini merupakan mahasiswa aktif dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di wilayah Bogor Raya dengan  ketentuan  khusus.

3.       Arjuna Srikandi Pakuan
Arjuna Srikandi Pakuan merupakan sebuah harapan lahirnya tunas-tunas bangsa yang luar biasa dari mahasiswa Universitas Pakuan. Dengan mengusung tema“Corak budaya, identitas bangsa, tunas jiwa semesta.”.

4.       Jemput Sehat
Jemput Sehat merupaka aktualisasi dari kepedulian kami terhadap kesadaran akan pentingnya kesehatan dan penjagaan atas lingkungan sekitar yang mulai dikuasai oleh racun-racun jahat dari kendaraan yang memadati Kota Bogor.

5.       Parade Budaya dan Talk Show
Musik merupakan salah satu mahakarya yang sangat luar biasa dari masa ke masa, yang dapat menggetarkan hati manusia. Dari musik hingga suatu hubungan verbal yang menyangkut kodrat manusia sebagai makhluk bersosial sangatlah perlu suatu pencerahan demi terbentuknya tatanan masyarakat Indonesia yang benar Indonesia.
Parade Budaya dan Talk Show ini merupakan kegiatan puncak dalam pelaksanaan Peace Festival. Parade musik menyuguhkan penampilan dari beberapa group band dengan lantunan musik ringan dalam sajian akustik di tengah kampus dimana berlangsungnya seluruh kegiatan Peace Festival serta talkshow dengan beberapa pembicara dari beberapa pakar dengan membahas polemik yang terjadi di Indonesia dari beberapa bidang yang telah ditentukan pada saat pembagian angket, dan juga ada penampilan akustik menyelangi talkshow juga dari hasil angket sebelumnya juga.

NB : Untuk deskripsi lebih lanjut mengenai acara PEACE, akan kami informasikan kembali di postingan selanjutnya..



0 komentar:

Posting Komentar