Minggu, 01 Februari 2015

Pra SPOK Part II

Hidup Mahasiswa !!! Hidup Rakyat Indonesia !!!

Seruan itulah yang menyulut semangat para peserta SPOK 2015 yang diselenggarakan oleh BEM KBM Universitas Pakuan sore kemarin, Sabtu 31 Januari 2015. 

Seperti yang sudah kami janjikan, bahwa kami akan menceritakan mengenai rangkaian kegiatan SPOK ini, maka ini lah cerita mengenai pelaksanaan PRA SPOK di hari ke II. Apa saja agenda yang kami laksanakan di hari ke dua ini? 

Kami mengajak peserta SPOK untuk berdiskusi dan mengkaji dampak dari pencabutan subsidi BBM di Indonesia. 48 peserta yang hadir di hari ke 2 ini memaparkan banyak argumen dan data-data yang ia dapatkan. Diskusi ini juga dibanjiri dengan pendapat pro maupun kontra yang didasarkan pada data-data yang peserta bawa masing-masing.

Peserta yang setuju dengan pencabutan subsidi BBM mengutarakan alasannya bahwa subsidi untuk BBM di Indonesia ini terlalu besar dan salah sasaran. Pengguna subsidi BBM ini adalah kalangan mampu yang memiliki kendaraan lebih dari satu. Sedangkan kalangan yang kurang mampu malah tidak memiliki kendaraan. Jadi, dari pada digunakan hanya untuk BBM yang pelaksanaannya salah sasaran, lebih baik digunakan untuk perbaikan infrastruktur Indonesia dan membayar hutang negara ke Luar Negeri.

Namun, peserta yang kontra mengatakan bahwa dengan pencabutan subsidi BBM yang mengakibatkan harga BBM naik dan menimbulkan efek domino pada harga-harga bahan pokok lainnya menyulitkan masyarakat karena tidak dibarengi dengan kenaikan pendapatan. Selain itu, pencabutan subsidi BBM ini juga memungkinkan terjadi kenaikan inflasi di Indonesia. Pengalihan wewenang pengambilan keputusan penetapan harga BBM yang diserahkan kepada pasar dunia yang dikatakan seorang peserta ini adalah paham neoliberal dapat mengakibatkan psikologi masyarakat Indonesia terganggu karena harga yang terus berubah.

Karena keterbatasan waktu, kami belum mendapatkan kesepakatan suara kami menolak atau menerima. Kami akan mengadakan pengkajian lebih dalam mengenai isu ini yang nanti akan kami posting dalam bentuk press realeas. Silahkan tunggu... :)


ini adalah gambar dari suasana diskusi kami kemarin, meskipun malam minggu, akhir bulan, dan cuaca hujan tapi panitia dan peserta tetap semangat untuk melaksanakan kajian strategis yang merupakan rangkaian agenda dari kegiatan SPOK 2015.

0 komentar:

Posting Komentar